• Wadah PengembanganIlmu Sensori

Asosiasi Sensori Indonesia (ASENSINDO) resmi menunjuk Wahyudi David dari Universitas Bakrie sebagai Ketua terpilih untuk periode tiga tahun ke depan. Deklarasi ini ditetapkan Rabu, 12 Juli 2023 dalam Kongres dan Kuliah Umum ASESINDO yang berlangsung secara virtual via Zoom. Sebagai ketua terpilih, Wahyudi David memberikan sambutan bahwa aspek sensori di Indonesia sangatlah luas dan memiliki peran yang krusial. 

“Sensori bukan hanya uji pelengkap, tetapi jauh lebih dari itu banyak prosedur yang dapat digunakan dalam konteks komersialisasi maupun akademis. Untuk itu, kami berharap agar dapat terus bekerja sama multisektoral sehingga lahirnya ASESINDO dapat menjadi tonggak pengembangan sensori di Indonesia,” tuturnya. 

Di industri pangan, evaluasi sensori merupakan aspek penting untuk memastikan kualitas dan kepuasan konsumen terhadap produk yang dihasilkan. Evaluasi sensori melibatkan penggunaan indera manusia dalam mendeteksi, mengenali, dan menilai karakteristik sensori suatu produk, seperti penampilan, aroma, tekstur, rasa, dan kesan keseluruhan. Evaluasi sensori memainkan peran kunci dalam pengembangan, pengujian, dan perbaikan produk, serta dalam pengambilan keputusan terkait pemasaran dan pengembangan produk baru. Meski demikian, ASENSINDO memiliki cita-cita untuk lebih melebarkan aplikasi sensori yang tidak hanya berfokus pada sektor pangan saja, tetapi juga pada sektor nonpangan. 

“Sensori ini sifatnya memang multisektoral, prosedur-prosedur sensori juga sangat aplikatif di banyak sektor industri. Untuk itu, keinginan kami ke depan semoga kehadiran ASENSINDO dapat mewadahi tidak hanya di sektor pangan, tetapi juga sektor nonpangan,” imbuhnya. 

Sekali lagi, selamat untuk Dr. agr Wahyudi David. Semoga ASENSINDO dapat terus berinovasi, berkolaborasi, dan meningkatkan pengembangan sensori baik di skala Indonesia maupun global. Fri-35

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *